PERPUSTAKAAN berbasis inklusi sosial bisa memperkuat perpustakaan umum dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia, sehingga kemampuan literasi meningkat yang berujung pada peningkatan kreativitas masyarakat dan menipiskan kesenjangan akses informasi.
Hal itu disampaikan Kepala Bidang Pengembangan Perpustakaan Tenaga Perpustakaan dan Kegemaran Budaya Membaca Ari Yanuari yang mewakili Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kalimantan Barat Sugeng Hariadi dalam kegiatan stakeholder meeting di Hotel Harris, Jalan Gajah Mada, baru baru ini.
Arif melanjutkan dalam rangka meningkatkan kualitas layanan perpustakaan dari provinsi hingga desa, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan sudah semestinya membangun jejaring dengan berbagai sektor yang berkomitmen terhadap program transformasi perpustakaan yang berkelanjutan dari provinsi, kabupaten hingga desa.
Jejaring yang perlu dibangun berbagai pihak seperti OPD provinsi atau kabupaten, pihak sektor swasta, masyarakat, perguruan tinggi, media dan organisasi profesi atau forum yang dapat mendukung kebutuhan program.
“Stakeholder Meeting untuk memperkuat sinergi dan kolaborasi dalam membangun literasi dan kualitas masyarakat,” kata Arif dalam rilis yang diterima Lampung Post, Kamis (28/7).
Pustakawan Ahli Utama Perpustakaan Nasional RI Nelwaty, mengatakan Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial memfasilitasi masyarakat agar bisa meningkatkan kesejahteraan melalui perpustakaan sehingga tidak hanya sekedar tempat berkumpulnya masyarakat.
“Tidak hanya tempat berkumpulnya informasi tapi juga untuk berkegiatan. Orang tidak hanya datang ke perpustakaan tapi juga sebaliknya,” ujar Nelwaty usai memberikan sambutan.
Nelwaty menambahkan bahwa perpustakaan itu tidak membedakan hak, namun justru dapat meningkatkan kesejahteraan, taraf hidup. Masyarakat kata dia, punya hak untuk mendapatkan akses informasi, baik di daerah terpencil, atau daerah yang kurang dalam hal informasinya.
“Perpustakaan harus memfasilitasinya, oleh pemerintah daerah melalui peraturan yang sudah dibuat,” kata Nelwaty. (RLS/D2)